Rabu, 15 Maret 2017

Alergi Obat? Ini Ciri-Cirinya




Aktualisme - Alergi obat adalah reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh terhadap obat-obatan tertentu yang Anda gunakan. Kondisi ini berbeda dengan efek samping obat yang umumnya tercantum pada kemasan maupun keracunan obat akibat overdosis.

Pada umumnya, alergi obat terjadi karena sistem kekebalan tubuh berusaha memerangi zat tertentu yang terkandung dalam obat tersebut. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh menganggap obat sebagai substansi yang bisa menyakiti tubuh.

Ciri Ciri Alergi Terhadap Obat pada Kulit

Gatal-gatal

Mengalami gatal-gatal di sekujur tubuh bisa merupakan salah satu ciri ciri alergi obat pada kulit yang muncul setelah Anda selesai minum atau menaburkan bubuk obat pada luka, obat penyebab alergi bisa apa saja, termasuk antibiotic

Untuk menghindari alergi obat, hal utama yang harus Anda lakukan adalah melakukan tes, tes ini akan membantu Anda mengetahui apakah Anda memiliki alergi pada obat tertentu atau tidak, sehingga disaat sakit Anda bisa menghindari konsumsi obat-obatan pemicu alergi.

Muncul ruam merah

Ciri ciri alergi terhadap obat lainnya adalah munculnya ruam merah, ruam merah ini bisa muncul di beberapa anggota tubuh atau di sekujur tubuh, tergantung lamanya Anda mengkonsumsi obat-obatan tersebut, 

Semakin lama konsumsi obat maka semakin parah alerginya dan semakin banyak ruam merah yang muncul, jika Anda mengalami ruam merah setelah minum obat, sebaiknya Anda menghentikan konsumsi obat tersebut dan periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Meski demikian, reaksi alergi yang parah juga dapat memicu anafilaksis (reaksi alergi yang menyebabkan kegagalan fungsi sistem tubuh secara luas). Kondisi ini sangat serius dan bisa berakibat fatal sehingga memerlukan penanganan secepat mungkin.

Berhati-hatilah jika Anda mengalami reaksi alergi. Periksakan segera diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya sehingga bisa dihindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar